Home Pengajuan Keberatan

Pengajuan Keberatan

Peranan penting dalam mewujudkan penyelengaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik.
Berikut ini disampaiakan Tata Cara Pengajuan Keberatan Dalam Memperoleh Informasi Publik bagi masyarakat yang tidak atau kurang puas terhadap jawaban atas informasi publik dari PPID Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah

Tata Cara Mengajukan Keberatan Informasi Publik

Permohonan Informasi Publik dapat dilakukan secara tertulis ( surat pos, surat elektronik ) dan tidak secara tertulis ( telepon, datang langsung ) dan wajib menyertakan alasan, identitas

  1. Pemohon yang mebgajukan keberatan Informasi Publik datang ke meja Layanan Informasi Publik PPID Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan membawa fotokopi KTP atau Akta Pendirian atau Surat Keterangan Terdaftar atau Surat Keterangan Domisili Lembaga/ Ormas.
  2. Meja Layanan Informasi Publik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Jl. Piere Tendean No.24 Semarang, 50131 Telp. 024-3511351 (Pswt.313) Fax. 024-3517463, Petugas Meja Layanan Informasi memeriksa kelengkapan berkas dan data pemohon, jika berkas dan data pemohon telah memenuhi persyaratan selanjutnya petugas menulis formulir permohonan keberatan informasi publik. Jika belum memenuhi syarat, petugas diperbolehkan menanyakan/ meminta kekurangan persyaratan tersebut kepada pemohon.
  3. Pemohon menandatangani formulir permohonan keberatan informasi publik dan petugas membubuhi nomor registrasi serta menandatangani formulir tersebut.
  4. Petugas menyampaikan permohonan keberatan kepada PPID dan atasan PPID Petugas mengarsip permohonan keberatan
  5. Proses permohonan keberatan waktunya 10 hari kerja jika tidak ada respon sama sekali, namun jika ada respon atau janji atau proses mencari permohonan waktunya 17 hari kerja
  6. Jika pemohon puas atas jawaban PPID Pembantu, maka selesai.
  7. Jika pemohon tidak puas atas jawaban PPID Pembantu, pemohon dapat mengajukannya kembali ke petugas meja layanan publik. Selanjutnya petugas meja layanan publik melaporkan ketidak puasan pemohon kepada atasan PPID Pembantu. Atasan PPID Pembantu berhak memberi jawaban dalam waktu 30 hari kerja.
  8. Jika pemohon puas atas jawaban atasan PPID Pembantu, maka selesai.
  9. Jika pemohon tidak puas atas jawaban atasan PPID Pembantu, pemohon dapat mengajukan keberatan.

Anda juga dapat langsung mengajukan keberatan atas informasi dengan mengisi form di bawah ini

Anda cukup melengkapi formulir pengajuan disamping sekali saja. Atau anda dapat mendownload formulir keberatan di link Dokumen Keberatan, isilah form tersebut dan kirimkan via pos tau dapat diantarkan langsung ke pelayanan informasi publik di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Informasi tentang hak dan tata cara memperoleh informasi publik, serta tata cara pengajuan keberatan serta proses penyelesaian sengketa infomasi dapat di lihat Tata Cara memperoleh Informasi