Hak dan Tata Cara Memperoleh Informasi Publik

Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta, maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik atau non elektronik.
Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/ atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Hak Masyarakat / Publik / Pemohon Informasi

Pemohon Informasi Publik adalah Warga negara dan/atau Badan Hukum Indonesia yang mengajukan permohonan Informasi Publik atau Perseorangan, Kelompok Masyarakat, LSM, Ormas, Parpol dan Badan Publik Lainnya.

Hak Pemohon Informasi Publik

  1. Memperoleh Informasi
  2. Menghadiri Pertemuan Publik
  3. Mendapatkan salinan Informasi Publik
  4. Menyebarluaskan Informasi Publik
  5. Mengajukan Permintaan Informasi Publik Yang Disertai Alasan
  6. Mengajukan Gugatan

Tata Cara Memperoleh Informasi Publik

Permohonan Informasi Publik dapat dilakukan secara tertulis (surat pos, surat elektronik ) dan tidak secara tertulis ( telepon, datang langsung ) dan wajib menyertakan alasan, identitas

  1. Pemohon Informasi Publik datang ke meja Layanan Informasi Publik PPID Pembantu Dinas kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan membawa fotokopi KTP atau Akta Pendirian atau Surat Keterangan Terdaftar atau Surat Keterangan Domisili Lembaga/ Ormas.
  2. Meja Layanan Informasi Publik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Jl. Piere Tendean No.24 Semarang, 50131 Telp. 024-3511351 (Pswt.313) Fax. 024-3517463
    Petugas akan menghubungi Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
  3. Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi memeriksa persyaratan dokumen pemohon dan permintaan informasi badan publik.
  4. Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi memberikan jawaban atas permintaan informasi publik kepada pemohon
  5. Jika pemohon puas atas jawaban PPID Pembantu, maka selesai.
  6. Jika pemohon tidak puas atas jawaban PPID Pembantu, pemohon dapat mengajukannya kembali ke petugas meja layanan publik. Selanjutnya petugas meja layanan publik melaporkan ketidak puasan pemohon kepada atasan PPID Pembantu.
  7. Jika pemohon puas atas jawaban atasan PPID Pembantu, maka selesai.
  8. Jika pemohon tidak puas atas jawaban atasan PPID Pembantu, pemohon dapat mengajukan keberatan.

Tata Cara Mengajukan Keberatan Informasi Publik

Permohonan Informasi Publik dapat dilakukan secara tertulis ( surat pos, surat elektronik ) dan tidak secara tertulis ( telepon, datang langsung ) dan wajib menyertakan alasan, identitas

  1. Pemohon yang mebgajukan keberatan Informasi Publik datang ke meja Layanan Informasi Publik PPID Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan membawa fotokopi KTP atau Akta Pendirian atau Surat Keterangan Terdaftar atau Surat Keterangan Domisili Lembaga/ Ormas.
  2. Meja Layanan Informasi Publik Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Jl. Piere Tendean No.24 Semarang, 50131 Telp. 024-3511351 (Pswt.313) Fax. 024-3517463, Petugas Meja Layanan Informasi memeriksa kelengkapan berkas dan data pemohon, jika berkas dan data pemohon telah memenuhi persyaratan selanjutnya petugas menulis formulir permohonan keberatan informasi publik. Jika belum memenuhi syarat, petugas diperbolehkan menanyakan/ meminta kekurangan persyaratan tersebut kepada pemohon.
  3. Pemohon menandatangani formulir permohonan keberatan informasi publik dan petugas membubuhi nomor registrasi serta menandatangani formulir tersebut.
  4. Petugas menyampaikan permohonan keberatan kepada PPID dan atasan PPID Petugas mengarsip permohonan keberatan
  5. Proses permohonan keberatan waktunya 10 hari kerja jika tidak ada respon sama sekali, namun jika ada respon atau janji atau proses mencari permohonan waktunya 17 hari kerja
  6. Jika pemohon puas atas jawaban PPID Pembantu, maka selesai.
  7. Jika pemohon tidak puas atas jawaban PPID Pembantu, pemohon dapat mengajukannya kembali ke petugas meja layanan publik. Selanjutnya petugas meja layanan publik melaporkan ketidak puasan pemohon kepada atasan PPID Pembantu. Atasan PPID Pembantu berhak memberi jawaban dalam waktu 30 hari kerja.
  8. Jika pemohon puas atas jawaban atasan PPID Pembantu, maka selesai.
  9. Jika pemohon tidak puas atas jawaban atasan PPID Pembantu, pemohon dapat mengajukan keberatan.