Daftar Informasi Publik

A. Informasi Berkala

No Judul Informasi Ringkasan Isi Informasi Penanggung Jawab Pembuatan Informasi / Unit yang Menguasai Informasi Waktu Pembuatan / Penerbitan Informasi Bentuk Informasi Yang Tersedia Jangka Waktu Penyimpanan Jenis Media Yang Memuat Informasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Informasi Tentang Profile Badan Publik
1.1 Kedudukan/domisili beserta alamat lengkap Kedudukan, domisili, alamat lengkap & dokumen surat-menyurat :
Alamat : Jl. Kapten Piere Tendean No.24, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132
Telp : 024-3511351
fax : 024-3517463
website : www.dinkes.jatengprov.go.id
e-mail : dinkes@jatengprov.go.id
twitter : @dinkesjateng
facebook : Dinkes Jateng
instagram : @dinkesjateng_prov
Youtube : Dinkesprov Jateng
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2021 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/profil/profil-badan-publik/
1.2 Visi & Misi VISI: MENUJU JAWA TENGAH SEJAHTERA dan BERDIKARI “(TETEP) Mboten korupsi, Mboten ngapusi “
MISI:
1.Membangun masyarakat Jawa Tengah yang religius, toleran dan guyup utuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.
2.Memperluas reformasi birokrasi melalui penguatan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota.
3.Mengurangi kemiskinan dan pengangguran dengan memperkuat basis ekonomi rakyat dan membuka ruang usaha baru.
4.Menjadikan rakyat Jawa Tengah lebih sehat, lebih pintar, lebih berbudaya dan mencintai lingkungan.
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2019 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/informasi-tentang-profil-badan-publik/dinkes-prov-jateng/#
1.3 Tugas & Fungsi Tugas pokok dan fungsi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah berdasarkan Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2016 adalah sebagai berikut :
Tugas Pokok
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mempunyai tugas membantu Gubernur melaksanakan urusan pemerintahan bidang kesehatan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah.
Fungsi :
1. Perumusan kebijakan bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalan penyakit, pelayanan kesehatan serta sumber daya kesehatan;
2. Pelaksanaan kebijakan bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalan penyakit, pelayanan kesehatan serta sumber daya kesehatan ;
3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang kesehatan masyarakat, pencegahan dan pengendalan penyakit, pelayanan kesehatan serta sumber daya kesehatan;
4. Pelaksanaan dan pembinaan administrasi, dan kesekretariatan kepada seluruh unit kerja di lingkungan Dinas.
5. Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Gubernur, sesuai tugas dan fungsiny
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2019 Hard &f Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/1789-2/
1.4 Struktur Organisasi,Tugas, Wewenang & Fungsi Terdiri atas Kepala Dinas dibantu oleh sekretaris dan empat Kepala Bidang, serta 15 subbag/seksi. Kemudian dibantu juga oleh 8 UPT yang terdiri dari 6 Kepala UPT, serta 24 subbag/seksi.
Struktur Organisasi ,Tugas, Wewenang & Fungsi tertuang dalam Dasar Hukum, kedudukan dan tupoksi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ada pada Peraturan Gubernur Nomor 58 Tahun 2016, sedangkan Dasar Hukum, Kedudukan dan Tupoksi UPT Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada Peraturan Gubernur Nomor 99 Tahun 2016.
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2019 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/informasi-tentang-profil-badan-publik/struktur-organisasi/
1.5 Informasi Pelayanan Informasi tentang Alur Pelayanan Informasi publik Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2018 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website :
https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/alur-layanan-informasi-publik-2-2/
1.6 SDM yang dimiliki Total SDM s.d Januari 2023 sejumlah 561 orang, terdiri dari 204 Pejabat Pelaksana, 336 Pejabat Fungsional Tertentu dan 21 Pejabat struktural Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : http://simpeg.bkd.jatengprov.go.id/bukusaku/buku_digital/profil_pns/dinkes?periode=69
1.7 Profil Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Nama : YUNITA DYAH SUMINAR, SKM,M.Sc,M.Si.
Tempat Tanggal Lahir : CILACAP / 31 Mei 1970
Alamat : PERUMAHAN FIRDAUS ESTATE BLOK i NO 20 SOKARAJA BANYUMAS
Riwayat Diklat :
– DIKLATPIM Tk. IV (00-00-0000)
– DIKLATPIM Tk. III (30-06-2009)
Riwayat Jabatan Pejabat :
– STAFF RSUD Prof. Dr. MARGONO SOEKARJO
– KABID PERENCANAAN RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO
– WAKIL DIREKTUR UMUM & KEUANGAN RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO
– KEPALA DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/wp-content/uploads/2022/06/kadinkes-2022.pdf
1.8 LHKPN & LHKASN Semua Pejabat Administratif di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah telah melaporkan LHKPN dan LHKASN nya dan tidak ada keterlambatan dalam rnengumpulkan. Subbag Keuangan / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/informasi-tentang-profil-badan-publik/lhkasnlhkpn/
1.9 Informasi tentang kegiatan Dinas Kesehatan 1. Agenda Kegiatan pada tahun 2023
2. Agenda kerja pimpinan Badan Publik pada tahun 2023
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/agenda-kegiatan/
2 Ringkasan Program & Kegiatan yang sedang dijalankan
2.1 Nama program & kegiatan
Informasi Program dan Kegiatan Tahun 2022:
1. Program Penunjang Urusan Pemerintah Daerah Provinsi  dengan pagu anggaran PAD & Dana Transfer Lainnya.
2. Program Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat dengan pagu anggaran PAD & Dana Transfer Lainnya dan DBHCHT
3. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan dengan pagu anggaran PAD & Dana Transfer Lainnnya.
4. Program Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan dan Makanan Minuman dengan pagu anggaran PAD & Dana Transfer Lainnnya.
 5. Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan dengan pagu anggaran PAD & Dana Transfer Lainnnya.
Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/ringkasan-program-kegiatan-yang-sedang-dijalankan/nama-program-dan-kegiatan/
2.2 Penanggung jawab & Pelaksana Program
lnformasi Penanggung Jawab & Pelaksana Program dan Kegiatan Tahun 2023:
a.Kuasa Pengguna Anggaran
b.Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK)
Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/ringkasan-program-kegiatan-yang-sedang-dijalankan/penanggung-jawab-dan-pelaksanaan-program/
2.3 Target & Capaian Program/Kegiatan Target dan Capaian Program dan Kegiatan Tahun 2023, berupa Capalan Realisasi Keuangan atau Fisik masih dalam proses pelaporan Tahun 2023. Laporan sampai dengan bulan Maret 2023, Realisasi Fisik sebesar 20,67% dan realisasi keuangan sebesar 13,03% Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/ringkasan-program-kegiatan-yang-sedang-dijalankan/target-capaian-atau-penyerapan/
2.4 Jadwal Pelaksanaan Program/Kegiatan Jadwal pelaksanaan program & kegiatan tertuang dalam DPA TA 2023 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang terselenggara dari Januari – Desember 2023 dengan target yang berbeda tiap bulannya sesuai dengan program, kegiatan yang akan dijalankan Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/ringkasan-program-kegiatan-yang-sedang-dijalankan/jadwal-dan-pelaksana-programkegiatan/
2.5 Nilai Anggaran Kegiatan Per Program
Total Nilai Anggaran Dinkes Provinsi Jawa Tengah adalah :
1. APBD sebesar Rp.246.294.939.000 dengan rincian sumber anggaran dan penggunaan sebagai berikut :
a) APBD Murni sebesar Rp 163.896.209 digunakan untuk Program Penunjang Rp . Rp 163.896.209 ( termasuk gaji ) dan Menunjang Program Prioritas Rp. 81.633.735.000 termasuk premi Rp. 5.519.029.000.
b) DBHCHT sebesar Rp.134.824.977.000 digunakan untuk kontribusi Premi Rp. 99.824.977.000 dan Pembangunan RS Mata : Rp. 35 M
c) DAK Non Fisik sebesar Rp. 41.869.116.000 digunakan untuk program UKM Esensial Tersier, kefarmasian dan BMHP, dan Pelatihan/ Peningkatan kapasitas Topik Prioritas
d) Pajak Rokok sebesar Rp. 297.405.994.000 digunakan untuk kontribusi Premi
2. APBN sebesar Rp 22.344.574.000
Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/ringkasan-program-kegiatan-yang-sedang-dijalankan/nilai-anggaran-kegiatan-per-program/
2.6 Kerangka Acuan Kerja Kegiatan Kerangka Acuan Kerja kegiatan tertuang dalam DPA TA 2023 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa tengah Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/kerangka-acuan-kerja-kegiatan/
2.7 Laporan Kinerja Institusi Pemerintah (LKJIP) Tahun 2022
Laporan Kinerja Institusi Pemerintah (LKJIP) berupa akuntabilitas kinerja program dan kegiatan yang sudah berjalan pada tahun 2022 berjalan sangat baik dengan data dukung berupa:
1) Dari 10 indikator sasaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2022, ada 1 indikator tujuan yang capaiannya kurang dari target yaitu Angka AHH ditentukan oleh besarnya jumlah kematian bayi
2) Pendapatan terealisasi 120,11%.melebihi target,
3) Anggaran APBD terealisasi 97,86% dan fisik mencapai 2,14%
Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/laporan-kinerja-lain/
2.8 Agenda Kegiatan Rangkaian agenda kegiatan yang tertuang dalam DPA TA.2023 Dinas Kesehatan Provinsi jawa Tengah baik agenda kerja Kepala Dinas maupun agenda kegiatan realisasi keuangan dan fisik masing-masing program Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/agenda-kegiatan/
3 Ringkasan Kinerja yang telah maupun sedang dilaksanakan
3.1 Laporan Kinerja Lainnya Persentase Pencapaian lndikator Kinerja pada tahun sebelumnya Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/laporan-kinerja-lain/
4 Ringkasan Rencana Anggaran dan Laporan Keuangan Tahun 2022
4.1 Laporan Keuangan Tahun 2022 Laporan Realisasi Anggaran (LRA) dan Neraca Keuangan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaaan APBD Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Laporan Keuangan pada tahun 2022 adalah sebagai berikut: Pada Pendapatan mengalami kenaikan sebesar Rp. 8.700.887.979,00 atau 50,45% dibanding tahun lalu, sedangkan belanja daerah mengalami mengalami penurunan sebesar Rp.27.024.314.102,00 atau 3,92 % dibandingkan dengan tahun lalu. Kemudian, terjadi kenaikan Aset sebesar Rp85.739.866.286,27 atau 14,59% dibandingkan dengan tahun lalu. Jumlah tersebut terdiri dari Aset Lancar, Aset Tetap dan Aset Lainnya. Terakhir, pada Laporan Operasional terdapat Kenaikan sebesar Rp. 84.785.076.574,48 dari tahun lalu Subbag Keuangan / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/laporan-keuangan-tahun/
4.2 Neraca Tahun 2022
Neraca Dinas Kesehatan Prov Jateng sebagaimana tercantum dalam Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Dinas Kesehatan Prov Jateng tahun 2022 yang menggambakan posisi keuangan :
Aset : Rp539.189.924.177,27
Kewajiban : Rp1.325.679.102,00
Ekuitas : Rp537.864.245.075,27
Subbag Keuangan / Sekretaris/td> Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/neraca-2018/
4.3 Catatan atas laporan keuangan yang disusun sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku Tahun 2022
Penjelasan pada laporan keuangan tahun 2022, terdiri dari:
1. Pos-pos Laporan Realisasi Anggaran
Pada pendapatan mengalami kenaikan sebesar Rp. 8.700.887.979,00 atau 50,45% dibanding tahun lalu. Sedangkan belanja daerah mengalami penurunan sebesar Rp.27.024.314.102,00 atau 3,92 % dibandingkan dengan tahun lalu
2. Pos-pos Neraca
Terjadi kenaikan asset sebesar Rp85.739.866.286,27 atau 14,59% dibandingkan dengan tahun lalu jumal itu terdiri dari Aset Lancar, Aset Tetap dan Aset Lainnya
3.  Pos-pos Laporan Operasional
Pada Laporan Operasional terdapat Kenaikan sebesar Rp. 84.785.076.574,48 dari tahun lalu
Subbag Keuangan / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/catatan-atas-laporan-keuangan-calk/
4.4 Daftar Aset & Inventaris Tahun 2022 Laporan Aset & lnventaris yang dimiliki oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada Tahun 2022 yang terdiri dari tanah, bangunan, peralatan & mesin, kendaraan, dll Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/daftar-aset-dan-inventaris/
4.5 DPA Tahun 2023
Dokumen Pelaksanaan Anggaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Berisi lndikator dan Tolak Ukur Kinerja Kegiatan, Rincian Pelaksanaan Anggaran dan Rincian Anggaran.
Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/dpa/
4.6 RKA Tahun 2023
Rencana Kerja Anggaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Pada RKA Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah terdapat 5 program, yaitu :
1. Program Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat
2. Program Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Kesehatan
3. Program Sediaan Farmasi, Alat Kesehatan dan Makanan Minuman
4. Program Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan dan
5. Program Penunjang Urusan Pemerintah Daerah Provinsi yang kemudian dlturunkan lagi ke dalam kegiatan-kegiatan
Subbag Program / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/rka/
5 Ringkasan Laporan Akses lnformasi Publik Tahun 2021 -2022
5.1 Jumlah Permohonan Informasi Publik
Jumlah Permohonan Informasi Publik yang diterima pada tahun 2022 berdasarkan
Jumlah Permohonan Informasi Publik yang diterima tiap bulan, Waktu yang diperlukan dalam memenuhi setiap permohonan lnformasi Publik, Jurnlah Permohonan lnformasi Publik yang dikabulkan dan yang ditolak, serta Alasan Penolakan Permohonan Informasi
Publik. Pada tahun 2022 terdapat 22 permohonan dengan rincian 20 terpenihi dan 2 lainnya terpenuhi sebagian.
Jumlah Permohonan lnformasi Publik yang diterima pada tahun 2023 triwulan I terdapat 7 Permohonan dengan rincian 1 tidak dikuasai dan 1 terpenuhi Sebagian
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/rekap-statistik-layanan-informasi-publik/
6 Pengumuman Pengadaan Barang & Jasa
6.1 Rencana Umum Pengadaan Barang & Jasa
Memuat rencana umum pengadaan barang dan jasa yang akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2023 baik melalui sistem tender maupun swakelola
Tim PBJ Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun
Rencana Umum Pengadaan :
Tahap Pemilihan :
Tahap Pelaksanaan :
6.2 Pengumuman Proses Pengadaan
Pengumuman Proses Pengadaan Tahun 2022 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dapat dilihat melalui https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/pengumuman-pengadaan- barang-dan-jasa/
https:/lpse.jatengprov.go.id/eproc4Jelang
Ketua ULP / Unit Layanan Pengadaan Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) 1 Tahun https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/pengumuman-pengadaan-barang-dan-jasa/ atau https://lpse.jatengprov.go.id/eproc4/lelang
7 Informasi tentang Peraturan, keputusan, dan/atau kebijakan
7.1 Kebijakan Masa Pandemi Covid-19
Daftar kebijakan masa pandemi covid-19 meliputi :
1. Perpres dan lnpres
2. Gugus Tugas
3. Kemanlu
4. BNPB
5. Kemenkes
6. Kemenag
7. Pedoman Covid-19
8. Provinsi Jawa Tengah
9. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/kebijakan-masa-pandemi-covid-19/
7.2 Informasi Tentang Peraturan, Keputusan dan Kebijakan
Daftar Peraturan dan keputusan yang telah ditetapkan, memuat keputusan/peraturan dan kebijakan bidang kesehatan.
Peraturan
1.Perpres Nomor 67 Tahun 2021 tentang penanggulangan tuberkolusis
2.Permenkes No 83 Th 2019 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan
3.Permenkes No 36 Th 2019 tentang Pendayagunaan Dokter Spesialis
4.Permenkes No 18 Th 2019 tentang Konsultan Manajemen Kesehatan
5.Permenkes No 31 Th 2019 ttg Sistem Informasi Puskesmas
Rancangan Keputusan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai Berikut:
1.SK Tim RB Dinkes 2023
2.SK Tim Arsip 2023
3.SK Pengelola Pengaduan 2022
Keputusan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai Berikut:
1.SK Tim RB 2023 Nomor : 061/1194/2023
2.SK Pengelola Aduan 2022 Nomor : 337/2259/2022
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-setiap-saat/informasi-tetang-peraturan-keputusan-dan-kebijakan/
8 Informasi tentang hak dan tata cara memperoleh informasi publik, serta tata cara pengajuan keberatan serta proses penyelesaian sengketa infomasi Tata cara memperolah informasi Publik :
1. Pemohon mengajukan permohonan informasi kepada PPID Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
2. Pemohon mengisi formulir permohonan
3. Apabila lengkap maka akan langsung dijawab secara tertulis oleh PPID Pembantu
4. Apabila dokumen persyaratan kurang lengkap maka dikirimkan surat permohonan kelengkapan data kepada pemohon dengan waktu 3 hari kerja
5. Diputuskan apakah akan menerima atau menolak permohonan informasi publik
6. Apabila diputuskan ditolak maka harus tertulis berikut alasan dan penjelasannya. Selain itu juga disampaikan tata cara mengajukan keberatan.
7. Apabila diterima, maka wajib memberikan akses untuk melihat informasi ataupun memberikan Salinan berikut informasi biaya yang diperlukan apabila ada dengan waktu 10 hari kerja
8. Apabila membutuhkan jawaban lebih detail dilakukan penambahan waktu jawab. Jawaban diberikan secara tertulis kepada Atasan PPID Pembantu dengan waktu 7 hari kerja
9. Apabila PPID Pembantu tidak menguasai informasi dimohon, maka akan direkomendasikan ke PPID Pembantu OPD/BUMD lain yang menguasai
10. Jawaban disampaikan kepada pemohon
Tata cara pengajuan Keberatan :
1. Pemohon Mengajukan keberatan kepada Atasan PPID Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
2. PPID Pembantu Mengumumkan tatacara pengelolaan keberatan
3. Pengajuan dapat tertulis maupun tidak tertulis dan mengisi formulir yang disediakan oleh PPID Pembantu
4. Salinan formulir pengajuan harus diberikan kepada pemohon
5. Registrasi oleh Atasan PPID Pembantu
6. Tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis disampaikan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak dicatat pengajuan keberatan.
Tata cara proses penyelesian sengketa :
1. Pemohon Mengajukan keberatan secara tertulis kepada Atasan PPID dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak permohonan informasi teregistrasi
2. PPID utama Menetapkan Tim fasilitasi sengketa informasi untuk mengupayakan penyelesaian sengketa informasi, yang dibentuk oleh PPID Utama
3. Diketuai PPID Utama dan beranggotakan PPID Pembantu terkait, pejabat yang menangani bidang hokum, pejabat fungsional, serta JFU yang sesuai dengan kebutuhan (Diajukan dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis dari atasan PPID)
4. PPID Utama Menerima laporan proses penanganan sengketa informasi
5. Komisi Informasi Melakukan upaya penyelesaian sengketa informasi publik
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website :
https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/alur-layanan-informasi-publik-2-2/
https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/pengajuan-keberatan/
https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/penyelesaian-sengketa-informasi-di-komisi-informasi/
9 Informasi tentang tata cara pengaduan, penyalahgunaan wewenang atau pelanggaran yang dilakukan baik oleh pejabat maupun pegawai dan Informasi tentang rekapitulasi pelanggaran disiplin pegawai serta tindak lanjutnya MELALUI MEDIA SOSIAL/EMAIL SKPD/BERSURAT KEPADA SKPD:
1. Mengisi form pengaduan yang dapat diunduh di laman PPID DINKESPROV JATENG
2. Menyertakan bukti (berupa foto/video/bukti tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya) atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan.
3. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat, dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor
DATANG LANGSUNG/MANUAL :
1. Menyertakan bukti (berupa foto/video/bukti tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya) atau keterangan yang dapat mendukung pengaduan yang disampaikan.
2. Bukti atau keterangan ini termasuk nama, alamat, dan nomor kontak pihak lain yang dapat dimintai keterangan lebih lanjut untuk memperkuat pengaduan Pelapor
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2018 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/tata-cara-pengisian-formulir-pengaduan/
10 Daftar Standar & Prosedur Operasional (SPO) Pelayanan Standar  Operasioanal Prosedur Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai berikut: a.SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik, b. SOP Pengaduan Masyarakat, c. SOP Permohonan Informasi, c. SOP Uji Konsekuensi Informasi Publik, d. SOP Pengelolaan Keberatan, e. SOP Fasilitasi Keberatan Informasi Publik, f. SOP Pengguna Disabilitas Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/sop-dinkes-jateng/
11 Informasi tentang prosedur peringatan dini dan prosedur evakuasi keadaan darurat Prosedur Penanganan Keadaan Bencana di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah diantaranya :
1. Penanganan Kejadian Kebakaran
2. Prosedur Penanganan Gempa Bumi
Subbag Umpeg / Sekretaris
Seksi Surveilans dan Bencana / Kepala Bidang P2P
Update Data tahun 2018 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/penanganan-kejadian-kebakaran/
https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/prosedur-penanganan-gempa-bumi/
12 Informasi Kesehatan
12.1 Data Statistik Kesehatan Data statistik bidang kesehatan terdiri dari indikator derajat kesehatan, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan dan jaminan kesehatan, berupa : a. Buku Profil Kesehatan b. Buku Saku Kesehatan c. Buku Saku Kinerja d. Buku Capaian SPM Bidang Kesehatan e. Buku Data Dasar Puskesmas dan RS f. Buku Data Dasar FKTP Seksi Manajemen Informasi Kesehatan a.Update Data Per Tahun
b.Up Date Per Triwulan
c.Update Per Semester
d.Update Per Semester
e.Update Per Tahun
f.Update Per Tahun
Hard Copy dan soft copy pdf, website Selama Berlaku https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/wp-content/uploads/2022/10/Jumlah-dan-Daftar-Data-Statistik-Dinkesprov-all.pdf
13 Berita acara hasil tindak lanjut pemeriksaan Inspektorat (LHP) Berita Acara dan Rekapitulsi Temuan, Rekomendasi dan Tindak Lanjut Hasil Peleriksaan Inspektorat di Dinas Kesehatan Proivinsi Jawa Tengah Subbag Keuangan / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/laporan-hasil-pemeriksaan-inspektorat/

B. Informasi Serta Merta

 

No Judul
Informasi
Ringkasan
Isi Informasi
Penanggung Jawab Pembuatan Informasi / Unit yang Menguasai Informasi Waktu
Pembuatan / Penerbitan
Informasi
Bentuk Informasi
Yang Tersedia
Jangka Waktu Penyimpanan Jenis Media
Yang Memuat
Informasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Prosedur Penanganan Keadaan Bencana
Penanganan Bencana di Dinas Kesehatan :
1.Penanganan Covid-19
2.Penanganan Kejadian Henti Jantung
3.Penanganan Kejadian Kebakaran
4.Prosedur Penanganan Gempa Bumi
5.Penangananan Saat Terjadi Ancaman Bom
6.Panduan Menghadapi Bencana
7 Jumlah, lokasi, waktu, Prosedur pelaksanaan penanganan
KLB/Bencana meliputi Pra, Saat dan 8.Pasca KLB/Bencana ;
Panduan menghadapi KLB/bencana ; pedoman pelayanan
penanganan kewaspadaan COVID-19
9.JumIah, lokasi, waktu, perkembangan pola penyakit,
prosedur penanganan Kasus penyakit menular 10.Panduan penanganan KLB
Panduan Penanganan bencana
Panduan penanganan peningkatan kasus (PD3I, penyakit
menular tertentu)
Penanganan Bencana di UPT :
1.Penanganan Kejadian Kebakaran (Kode Merah) 2.Penanganan Kejadian Henti Jantung (Kode Biru)
3.Protap Penanggulangan Bencana Kebakaran
4.Poster Prosedur Penanganan Kebakaran
Penanganan Tumpahan Bahan Berbahaya dan Beracun
(B3)
6.Penanganan Keracunan Makanan
Subbag Umpeg / Sekretaris
Seksi Surveilans dan Bencana / Kepala Bidang P2P
Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular / Kepala Bidang P2P
Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/serta-merta/

C. Informasi Setiap Saat

No Judul
Informasi
Ringkasan
Isi Informasi
Penanggung Jawab Pembuatan Informasi / Unit yang Menguasai Informasi Waktu
Pembuatan / Penerbitan
Informasi
Bentuk Informasi
Yang Tersedia
Jangka Waktu Penyimpanan Jenis Media
Yang Memuat
Informasi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8)
1 Daftar Informasi Publik Berisi tentang Informasi – informasi publik yang tersediasecara berkala, serta merta, setiap saat & informasi yang dikecualikan beserta SK penetapannya Tahun 2023 Ketua PPID / Kepala Dinas Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/daftar-informasi-publik-2/
2 Informasi tentang Peraturan, keputusan dan/atau kebijakan
Daftar Peraturan dan keputusan yang telah ditetapkan, memuat keputusan/peraturan dan kebijakan bidang kesehatan.
Peraturan
1.Perpres Nomor 67 Tahun 2021 tentang penanggulangan tuberkolusis
2.Permenkes No 83 Th 2019 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan
3.Permenkes No 36 Th 2019 tentang Pendayagunaan Dokter Spesialis
4.Permenkes No 18 Th 2019 tentang Konsultan Manajemen Kesehatan
5.Permenkes No 31 Th 2019 ttg Sistem Informasi Puskesmas
Rancangan Keputusan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai Berikut:
1.SK Tim RB Dinkes 2023
2.SK Tim Arsip 2023
3.SK Pengelola Pengaduan 2022
Keputusan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai Berikut:
1.SK Tim RB 2023 Nomor : 061/1194/2023
2.SK Pengelola Aduan 2022 Nomor : 337/2259/2022
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-setiap-saat/informasi-tetang-peraturan-keputusan-dan-kebijakan/
3 Informasi lengkap yang wajib disediakan dan diumumkan Dokumen/Naskah pendukung seluruh informasi-informasi wajib berkala Tahun 2023 Subbag Keuangan / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website :
1. LHKASN & LHKPN : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/informasi-tentang-profil-badan-publik/lhkasnlhkpn/
2. Laporan Keuangan : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/laporan-keuangan-tahun-2019/
3. Laporan Program dan Kegiatan : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/ringkasan-program-kegiatan-yang-sedang-dijalankan/informasi-tentang-kinerja-berupa-narasi-programkegiatan/
4 Informasi tentang organisasi, administrasi kepegawaian :
4.1 Pedoman pengelolaan organisasi, administrasi personil & kepegawaian
Pedoman pengelolaan organisasi meliputi :
1. Pedoman Keuangan
a) Pedoman Keuangan Tahun 2022
b) Juklak APBD 2022
c) SK PPKom dan Pejabat Pengadaan APBD TA.2022
d) SK PPTK TA 2023 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
e) SK Satker TA 2023 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
2. Pedoman Pengelolaan Organisasi
a) Buku Saku Peraturan Perilaku
b) Permenkes No 14 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Perawat
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/pedoman-pengelolaan-organisasi-administrasi-personil-dan-keuangan/
4.2 Profil lengkap pimpinan & pegawai yang meliputi nama, riwayat karier/posisi, riwayat pendidikan, penghargaan yang pernah diterima Informasi Profil lengkap pimpinan/pejabat struktural, pegawai PNS dan Non PNS Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang meliputi nama, riwayat karier/posisi, riwayat pendidikan, penghargaan yang pernah diterima Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/wp-content/uploads/2019/09/profile-pegawai-2019.pdf
5
Surat menyurat pimpinan atau Pejabat
Data Surat menyurat pimpinan atau Pejabat
1. Surat Masuk
2. Surat Keluar
Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard Copy dan Soft Copy Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/kegiatan-surat-menyurat/
6 Daftar perjanjian dengan pihak ketiga
6.1 Dokumen Perjanjian dengan Pihak Ketiga
Berisi Daftar Pejanjian Kerja Sama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dengan Pihak Ketiga, baik dalam bentuk kontrak, MoU dan atau bentuk kerjasama lainnya sebagai berikut:
1.PBS PBI APBD Kc Semarang
2.PBS PBI APBD Kc Pekalongan
3.PBS PBI APBD Kc Purwokerto
4. PBS PBI APBD Kc Magelang
5.PBS PBI APBD Kc Boyolali
6.PBS PBI APBD Kc Surakarta
7. PBS PBI APBD Kc Kudus
8. PBS PBI APBD Kc Pati
9. PBS PBI APBD Kc Tegal
10. PBS PBI APBD Kc Kebumen
11.PBS PBI APBD Kc Ungaran
12. PKS SCCR Indonesia Unisula
13. PKS Mitra UNNES
Subbag Umpeg Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website :
https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/memorandum-of-understanding-loi-nota-kesepahamannota-kerjasama/
7 Rencana Strategis Rencana Strategis Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 – 2023 Subbag Program Update Data tahun 2023 Hard Copy dan Soft Copy 5 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/rencana-strategis/
8 Agenda kerja pimpinan Badan Publik
Informasi Agenda kerja pimpinan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah tahun 2018 – 2023
Sekretaris Dinas Tahun 2023 Hard Copy dan Soft Copy 1 Tahun Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-berkala/agenda-kegiatan/
9 Informasi Kegiatan Pelayanan Informasi Publik Dan Ringkasan Laporan Akses Informasi Publik Tahun 2022
9.1 Laporan Akses Informasi Rekap Statistik Layanan Informasi Publik Sekretaris DInas Tahun 2023 Hard copy dan Soft copy Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/rekap-statistik-layanan-informasi-publik-2019/
10 Gambaran umum pelanggaran yang ditemukan dalam pengawasan internal serta laporan penindakannya
Berisi Rekapitulasi Pelanggaran yang ditemukan dalam
pengawasan internal berupa jumlah pelanggaran jenis pelanggaran dan kategori pelanggaran tahun 2023
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-pelanggaran/
11 Gambaran umum pelanggaran yang dilaporkan oleh masyarakat serta laporan penindakannya
Berisi rincian pelaporan masyarakat terhadap pelayanan yang
ada di Dinas Kesehatan berupa isi aduan dan tanggapan melalui beberapa kanal media sosial seperti twitter, instagram dan facebook, call center  tahun 2023
Subbag Umpeg Tahun 2023 Hard copy dan Soft copy Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/aduan-masyarakat/
12 Daftar penelitian Kajian dan Penelitian yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Prov Jateng pada penyakit tidak menular tahun 2021 – 2023 Seksi Manajemen Informasi Kesehatan Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf} Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/wp-content/uploads/2021/03/Kajian_Penelitian-rev-2021.pdf
13 Daftar Informasi tentang kebijakan & peraturan
Daftar Peraturan dan keputusan yang telah ditetapkan, memuat keputusan/peraturan dan kebijakan bidang kesehatan.
Peraturan
1.Perpres Nomor 67 Tahun 2021 tentang penanggulangan tuberkolusis
2.Permenkes No 83 Th 2019 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan
3.Permenkes No 36 Th 2019 tentang Pendayagunaan Dokter Spesialis
4.Permenkes No 18 Th 2019 tentang Konsultan Manajemen Kesehatan
5.Permenkes No 31 Th 2019 ttg Sistem Informasi Puskesmas
Rancangan Keputusan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai Berikut:
1.SK Tim RB Dinkes 2023
2.SK Tim Arsip 2023
3.SK Pengelola Pengaduan 2022
Keputusan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah sebagai Berikut:
1.SK Tim RB 2023 Nomor : 061/1194/2023
2.SK Pengelola Aduan 2022 Nomor : 337/2259/2022
Subbag Umpeg Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-setiap-saat/informasi-tetang-peraturan-keputusan-dan-kebijakan/
14 Daftar Standar & Prosedur Operasional (SPO) Pelayanan Daftar Standar Operasional Prosedur berupa a.SOP Penyusunan Daftar Informasi Publik, b. SOP Pengaduan Masyarakat, c. SOP Permohonan Informasi, c. SOP Uji Konsekuensi Informasi Publik, d. SOP Pengelolaan Keberatan,e. SOP Fasilitasi Keberatan Informasi Publik, f. SOP Pengguna Disabilitas Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/sop-dinkes-jateng/
15 Informasi tentang hak & tata cara memperoleh Informasi , serta tata cara penyelesaian sengketa informasi
Tata cara memperolah informasi Publik :
1. Pemohon mengajukan permohonan informasi kepada PPID Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
2.Pemohon mengisi formulir permohonan
3.Apabila lengkap maka akan langsung dijawab secara tertulis oleh PPID Pembantu
4. Apabila dokumen persyaratan kurang lengkap maka dikirimkan surat permohonan kelengkapan data kepada pemohon dengan waktu 3 hari kerja
5. Diputuskan apakah akan menerima atau menolak permohonan informasi publik
6. Apabila diputuskan ditolak maka harus tertulis berikut alasan dan penjelasannya. Selain itu juga disampaikan tata cara mengajukan keberatan
7. Apabila diterima, maka wajib memberikan akses untuk melihat informasi ataupun memberikan Salinan berikut informasi biaya yang diperlukan apabila ada dengan waktu 10 hari kerja
8. Apabila membutuhkan jawaban lebih detail dilakukan penambahan waktu jawab. Jawaban diberikan secara tertulis kepada Atasan PPID Pembantu dengan waktu 7 hari kerja
9. Apabila PPID Pembantu tidak menguasai informasi dimohon, maka akan direkomendasikan ke PPID Pembantu OPD/BUMD lain yang menguasai
10. Jawaban disampaikan kepada pemohon
Tata cara pengajuan Keberatan :
1. Pemohon Mengajukan keberatan kepada Atasan PPID Pembantu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
2. PPID Pembantu Mengumumkan tatacara pengelolaan keberatan
3. Pengajuan dapat tertulis maupun tidak tertulis dan mengisi formulir yang disediakan oleh PPID Pembantu
4. Salinan formulir pengajuan harus diberikan kepada pemohon
5. Registrasi oleh Atasan PPID Pembantu
6. Tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis disampaikan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak dicatat pengajuan keberatan.
Tata cara proses penyelesian sengketa :
1. Pemohon Mengajukan keberatan secara tertulis kepada Atasan PPID dalam waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak permohonan informasi teregistrasi
2. PPID utama Menetapkan Tim fasilitasi sengketa informasi untuk mengupayakan penyelesaian sengketa informasi, yang dibentuk oleh PPID Utama
3. Diketuai PPID Utama dan beranggotakan PPID Pembantu terkait, pejabat yang menangani bidang hokum, pejabat fungsional, serta JFU yang sesuai dengan kebutuhan (Diajukan dalam waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja setelah diterimanya tanggapan tertulis dari atasan PPID)
4. PPID Utama Menerima laporan proses penanganan sengketa informasi
5. Komisi Informasi Melakukan upaya penyelesaian sengketa informasi publik
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2018 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku
16 Informasi tentang tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang , gratifikasi Berisi tata cara pengaduan penyalahgunaan wewenang, gratifikasi yang terjadi di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2022 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/tata-cara-pengisian-formulir-pengaduan/
17 Informasi tentang rekapitulasi pelanggaran disiplin pegawai
Berisi Rekapitulasi Pelanggaran yang ditemukan dalam
pengawasan internal berupa jumlah pelanggaran jenis pelanggaran dan kategori pelanggaran tahun 2021 – 2023
Subbag Umpeg / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/informasi-pelanggaran/
18.1 Data Statistik Kesehatan Daftar dan Link Website Publikasi Data Statistik Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Seksi MIK / Kepala Bidang SDK Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku
19 Berita acara hasil tindak lanjut pemeriksaan Inspektorat (LHP) Berita acara dan rekapitulasi temuan, rekomendasi dan Tindak lanjut pemeriksaan inspektorat di dinas Kesehatan provinsi jawa tengah Subbag Keuangan / Sekretaris Update Data tahun 2023 Hard & Soft (file_pdf) Selama Berlaku Website : https://ppid.dinkesjatengprov.go.id/ppid/laporan-hasil-pemeriksaan-inspektorat/